CAPTCHA adalah akronim dari “Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart.” Secara sederhana, ini adalah sebuah tes keamanan yang dirancang untuk membedakan antara pengguna manusia dan program komputer otomatis (sering disebut bot). Anda mungkin sering menjumpainya dalam berbagai bentuk saat berselancar di internet, misalnya ketika Anda diminta mengetikkan serangkaian huruf atau angka yang terdistorsi, memilih gambar yang cocok, atau menandai kotak “Saya bukan robot.”
Fungsi CAPTCHA
Berikut manfaat Captcha bagi website:
1. Mencegah Komentar Spam
Bagi Anda yang memiliki website atau blog, pasti sudah sering menemui komentar spam berupa promosi produk atau yang tidak berkaitan dengan topik artikel. Tentu saja, ini akan sangat mengganggu reputasi situs atau blog Anda, bahkan bisa membuat pengunjung merasa kurang nyaman.
Umumnya, komentar-komentar spam ini dikirimkan untuk menaikkan rating blog secara tiba-tiba.
Nah, Anda sebagai pemilik website atau blog perlu memanfaatkannya agar upaya Search Engine Optimization Anda tidak terganggu.
2. Menghalangi Dictionary Attack pada Website atau Blog
Dictionary attack pada website atau blog ini bisa sampai pada kasus pencurian akun, loh. Dengan adanya captcha, Anda bisa mencegah serangan jenis ini.
Penggunaannya akan melindungi website atau blog lebih lanjut, sehingga lebih aman dan terhindar dari pencurian yang berasal dari penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
3. Menghindari Pendaftaran Akun Palsu
Saat ini, banyak platform yang memberikan layanan registrasi gratis untuk pengguna website. Misalnya saja Google dan YouTube, keduanya menerapkan captcha untuk mencegah penyalahgunaan data oleh automated-script (bot/robot).
Nah, fungsinya di sini adalah untuk menghindari pembuatan akun palsu, yang bisa berakibat pada pencurian data di website.
Penyedia email seperti Gmail, Yahoo, dan Outlook akan menilai buruk reputasi email Anda karena banyak email marketing yang tidak terkirim.
4. Mengamankan Transaksi Online di Website
Penting sekali untuk menerapkan captcha pada website toko online. Sebab, hal ini akan berpengaruh pada reputasi toko online Anda, yaitu untuk memastikan bahwa pemesan produk di situs Anda adalah manusia sungguhan, dan bukan robot.
Kalau sampai terjadi pembelian palsu, produk di etalase website toko online Anda akan tampak terjual, tapi pembelinya bukanlah pihak sungguhan.
Akibatnya pun bisa cukup fatal. Customer experience di toko online Anda akan menjadi lebih buruk, hingga memengaruhi penjualan.
Cara Kerja CAPTCHA
Cara kerja CAPTCHA didasarkan pada prinsip bahwa ada tugas-tugas tertentu yang mudah dilakukan oleh manusia namun sangat sulit bagi program komputer. Ketika Anda diminta menyelesaikan CAPTCHA, sistem akan menyajikan sebuah tantangan yang mengharuskan Anda memproses informasi secara visual atau kognitif—kemampuan yang dimiliki manusia secara alami, tetapi belum sepenuhnya dikuasai oleh AI atau bot.
Jenis-Jenis CAPTCHA
Captcha memiliki berbagai jenis yang bisa dipilih oleh pemilik website untuk menerapkan autentikasi keamanan. Captcha modern sendiri sebenarnya dibagi menjadi tiga jenis, yaitu teks dasar, gambar, dan audio.
Berikut captcha yang bisa dipasang oleh pemilik website:
- Text CAPTCHA
- Picture Recognition Captcha
- Audio Captcha
- Math Captcha
- jQuery Slider Captcha
- No Captcha ReCaptcha
Kesimpulan
Selesai! Di artikel ini, Anda sudah mempelajari tentang Pengertian captcha, fungsinya, serta jenis-jenisnya. Setelah membaca panduan kami, semoga Anda sebagai pengunjung maupun pemilik website tidak lagi bingung dan kesal ketika menjumpai captcha.
Meski terkadang sedikit mengganggu, captcha memiliki peran yang sangat penting bagi keamanan website atau blog. Kegunaan captcha di antaranya adalah untuk mencegah registrasi akun palsu, spam, dictionary attack, pencurian email, dan mengamankan transaksi online.
Baca selengkapnya